Senin, 26 November 2012

PENDAHULUAN RANGKAIAN ACARA MILAD


Keberadaan pesantren di tengah-tengah masyarakat saat ini memiliki makna sangat strategis, terkait dengan peran pesantren sebagai lembaga pendidikan dan keagamaan. Lembaga pesantren yang berakar pada masyarakat, merupakan kekuatan tersendiri dalam membangkitkan semangat dan gairah masyarakat untuk meraih kemajuan menuju ke arah kehidupan yang islamis dan berperadaban.
Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung berdiri pada tanggal 11 Muharrom 1403 / 01 Nopember 1982 didirikan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Tembarak. Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah terletak di Desa Purwodadi Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung Propinsi Jawa Tenggah,  8 km arah selatan kota Temanggung, terletak di kaki Gunung Sumbing.
Sejak awal berdirinya Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung menerapkan kurikulum terpadu (Integrated Curiculum), yakni memadukan kurikulum Pesantren dengan kurikulum sekolah yang berlangsung secara dinamis dan seimbang. Kurikulum diajarkan melalui jenjang pendidikan; Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah  (MA) dan  Sekolah Menengah Kejuruan  (SMK).
Sebagai sebuah pesantren, Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung menerapkan sistem asrama (Boarding School), dimana di dalamnya tidak terlepas dari pengawasan, pembinaan dan tarbiyah. Secara umum, system ini diharapkan mampu mendukung visi dan misi pondok pesantren, yakni mempersiapkan santri agar menjadi Da’i  yang  faqih dalam Dienul Islam dengan  memiliki Aqidah Shohihah, Akhlaq Karimah dan wawasan Ilmu Pengetahuan yang luas  serta memiliki ketrampilan hidup.
Milad ke-30 Pondok Pesantren AL- Mu’min muhammadiyah Tembarak temanggung merupakan salah satu sarana syiar dan infomasi kepada masyarakat luas mengenai keberadaan pondok pesantren dan fungsinya dalam masyarakat. Acara ini diharapkan mampu memberikan informasi kepada masyarakat luas, tidak hanya masyarakat Kabupaten Temanggung, tetapi juga masyarakat Jawa Tengah akan eksistensi dan keberadaan pondok pesantren Al- Mu’min.  selain itu, dengan berbagai macam kegiatan yang ada didalamnya, yang bertemakan pendidikan dan kemasyarakatan, diharapkan mampu memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan dan kemasyarakatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar