Senin, 26 November 2012

SEMINAR NASIONAL "MENGUATKAN PERAN PESANTREN SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN, KEAGAMAAN, DAN KEMASYARAKATAN"

Seminar Nasional 
1. Latar Belakang
Hingga akhir tahun 2010 ini, jumlah lembaga pendidikan Muhammadiyah lebih dari 7.300 dari pendidikan usia dini hingga pendidikan menengah, ditambah 168 lebih perguruan tinggi. Jumlah ini mungkin menjadikan Muhammadiyah sebagai organisasi masyarakat yang mengelola lembaga pendidikan paling banyak di dunia. Namun kita semua sudah mengetahui, jika ditilik dari sisi kapasitas kompetitifnya hanya satu-dua dari sekian ribu lembaga pendidikan Muhammadiyah yang bisa diandalkan.

Hakikat tujuan Muhammadiyah adalah untuk membentuk manusia yang alim dalam ilmu agama, berpandangan luas dengan memiliki pengetahuan umum, siap berjuang mengabdi untuk Muhammadiyah dalam menyantuni nilai-nilai keutamaan pada masyarakat.Dasar dan tujuan pendidikan Muhammadiyah dicapai dengan bimbingan kemasyarakatan, tajdkid (pembaharuan) aktivitas (kegiatan-kegiatan), kreatif (daya cipta) dan optimis dengan membina keluarga bahagia. Meluaskan agama (da’wah), memperbanyak masjid dan mushalla, meningkatkan mutu sekolahan, penyertaan (pembinaan & pemeliharaan)masjid atau langgar disetiap bangunan sekolahan , membimbing aktivitas organisasi.

Sudah saatnya persyarikatan memikirkan persoalan “kualitas pendidikan” dan tidak hanya terpaku pada keunggulan “kuantitas pendidikan”. Sekolah dan perguruan tinggi Muhammadiyah adalah lembaga penyedia jasa layanan pendidikan swasta, artinya kita harus berfokus pada mutu pelayanan jika tidak ingin tersingkir dari persaingan. Di era sekarang ini, pendidikan tidak bisa hanya didekati dengan pendekatan kegiatan sosial, namun juga dengan pendekatan lain yang lebih bisa memacu dan memicu peningkatan mutunya.

2. Tujuan
 Seminar ini bertujuan:
  1. Mengetahui sejauh mana gambaran peran dan keterlibatan lembaga Muhammadiyah, terutama lembaga pendidikan dalam peningkatan kualitas dan mutu pendidikan
  2. Menumbuhkan semangat perjuangan lembaga Muhammadiyah dalam bidang pendidikan, keagamaan dan kemasyarakatan 
  3. Meneguhkan kembali prinsip perjuangan Muhammadiyah terutama dalam bidang pendidikan dan keagamaan 
 3. Tema  
Seminar ini mengambil tema " Meneguhkan Kembali Peran Lembaga Muhammadiyah sebagai lembaga Pendidikan, Keagamaan dan Kemasyarakatan"
 
4. Waktu dan Tempat
Hari     : Kamis,  20 Desember 2012
Pukul    : 09.00 – selesai
Tempat   : Aula Ponpes Al- Mu'min Muhammadiyah   Temanggung
 
5. Pembicara dan Peserta
Pembicara pada seminar ini yakni Perwakilan dari Majlis DIKDASMEN Muhammadiyah Pusat
adapun Peserta seminar yakni:
  1. Perwakilan Pondok Pesantren Muhammadiyah Se-Jawa Tengah
  2. Majlis DIKDASMEN dan PDM-PCM Temanggung
  3. Lembaga Pendidikan Menengah Muhammadiyah Se-Kabupaten Temanggung  
 
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar