Senin, 26 November 2012

TENTANG PP. AL-MU'MIN MUHAMMADIYAH



SEJARAH BERDIRI

Pondok Pesantren Al- Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung berdiri tanggal, 11 Muharram 1403 H / 01 Nopember 1982. Didirikan oleh Muhammadiyah Cabang Tembarak di Desa Purwodadi Kec. Tembarak Kab. Temanggung Prop. Jawa Tengah, kilometer 8 arah selatan kota Temanggung. Alasan Muhammadiyah Cabang Tembarak mendirikan lembaga pendidikan berbentuk Pondok Pesantren ini adalah karena melihat amat sedikitnya generasi muda Muhammadiyah  yang mendalami dinul Islam secara kaffah. Dalam waktu yang bersamaan Ulama’ Muhammadiyah yang menguasai ilmu alat dan kitab kuning juga dirasa amat langka, setidaknya di Kec.Tembarak. Karenanya Muhammadiyah Cabang Tembarak berharap “Pesantren AL- MU’MIN Muhammadiyah“ dapat menjadi “Kawah Candradimuka"nya Islam di Tembarak, seperti diungkapkan mantan Camat Tembarak, Muhammad Purwanto suatu ketika.
Sejak awal berdirinya Pondok pesantren Al- Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung, menerapkan kurikulum terpadu (Integrated Curriculum). Yakni memadukan Kurikulum Pesantren dan Kurikulum Nasional. Kurikulum ini diajarkan melalui jenjang pendidikan MTs (Madrasah Tsanawiyah), dan setelah melihat perkembangan santri MTs yang setiap tahun terus meningkat, maka untuk menampung tamatan MTs, pada tahun 1986 didirikanlah unit pendidikan MA (Madrasah Aliyah ) dengan jurusan IPA. Kini kurikulum MA telah dilengkapi dengan keterampilan tata busana, boga dan otomotif dengan fasilitas laboratium biologi dan Kimia, komputer dan bengkel otomotif. Pada tahun 2004 pesantren ini mendirikan SMK dengan Bidang Keahlian Grafika.
Sebagai sebuah pesantren, Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung menerapkan sistim asrama (Boarding School). Sistim ini berfungsi sebagai pembentukan perilaku santri. Dengan bimbingan Ustadz dan Ustadzah, santri diarahkan untuk mengaplikasikan (menerapkan ) ilmunya dalam amaliyah kesehariannya. Sistim ini dilengkapi dengan perangkat peraturan pondok yang diamanatkan kepada bagian Tata Tertib dan Perizinan sebagai pedoman mengatur, mengawasi dan mengarahkan/memberi bimbingan bagi para santri. Maka asrama diharapkan menjadi laboraturium rohani.

TOKOH PENDIRI

Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah berdiri pada tahun 1982 dengan tokoh pendiri KH. Abdul Rohman bersama Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Tembarak

KEADAAN PESANTREN

Luas tanah yang dimiliki ± 7.241 m2 , yang di tempati bagunan sekitar ± 6.500 m2. Adapun keadaan fisik bangunan meliputi :
1. Masjid
2. Aula
3. Asrama putra dan putri
4. Perpustakaan
5. Laboratorium Komputer, IPA, Perbengkelan
6. Ruang Kelas 12 lokal
7. Kamar Mandi / WC putra dan putri
8. Koperasi
9. Kantor
10. Poskestren

PENDIDIKAN YANG DIKELOLA PESANTREN

Sejak awal berdirinya Pondok pesantren Al- Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung, menerapkan kurikulum terpadu (Integrated Curiculum). Yakni memadukan kurikulum Pesantren dan kurikulum Nasional. Kurikulum ini diajarkan melalui jenjang pendidikan :
1. Madrasah Tsanawiyah
2. Madrasah Aliyah, dan
3. Sekolah Menengah Kejuruan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar